Mengenal PB Djarum, Klub Bulu Tangkis Ternama Indonesia

Mengenal PB Djarum, Klub Bulu Tangkis Ternama Indonesia

Nama Budi Hartono sudah pasti sudah sering kita dengat, beliau dikenal sebagai pembisnis yang menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Bahkan Budi Hartono masuk dalam berita kekayaan forbes Indonesia.

Bagi pecinta bulu tangkis juga pastinya sudah tidak asing dengan nama Budi Hartono. Ya beliau sangat suka dengan olahraga badminton / bulu tangkis. Budi Hartono adalah pendiri PB Djarum Bulu Tangkis.

Berawal dari kesukaannya memainkan bulu tangkis bersama karyawan PT Djarum. Ternyata banyak penduduk disekitar juga yang suka bermain bulu tangkis. Sehingga berdirilah PB Djarum Bulu Tangkis.

Bahkan beberapa situs http://139.99.92.188/ memperkenalkan tempat bermain bulu tangkis yang melahirkan banyak atlet ini sehingga banyak orang yang semakin berdatangan untuk bermain bulu tangkis kesana.

Mengenal PB Djarum, Klub Bulu Tangkis Ternama Indonesia

Bagaimana kisah lengkapnya? Yuk simak ulasannya dibawah ini:

Sejarah PB Djarum, Klub yang Melahirkan Juara Olimpiade

PB Djarum / Perkumpulan Bulutangkis Djarum awalnya dibuat sebagai tempat menyalurkan hobi saja. Budi Hartono yang sangat suka bermain bulutangkis mengajak karyawan PT Djarum berlatih bulu tangkis bersama.

Latihan dilakukan setiap sore selepas jam kerja, dilakukan di dalam sebuah bangunan yang biasa dipakai untuk melinting rokok. Sampai karyawan PT Djarum membentuk sebuah komunitas di Kudus untuk bermain bulu tangkis.

Pada 1969 awalnya hanya karyawan dari PT Djarum saja yang bermain bulu tangkis. Namun lama-kelamaan tempat berlatih itu banyak diketahui para pecinta bulu tangkis. Berbagai orang asing datang untuk berlatih disana, bahkan atlet bulu tangkis pun berkunjung kesana.

Sehingga tempat itu menjadi tempat untuk berlatih yang juga diperuntukkan bagi umum. Liem Swie King adalah salah satu atlet yang sering berlatih di PB Djarum, dan salah satu atlet bulu tangkis yang berhasil meraih prestasi membanggakan.

Sejarah PB Djarum Bulu Tangkis

Baca Juga : Rekomendasi Lapangan Bulutangkis Terbaik di Jakarta

Pihak PT Djarum pun lantas berkomitmen untuk mendukung perkumpulan atau komunitas bulu tangkis di pabriknya itu. Lahirnya atlet berbakat dan berprestasi seperti Liem Swie King membuat PB Djarum terus membuka kesempatan bagi banyak calon-calon berbakat pemain bulu tangkis untuk berkembang.

Kebetulan, Robert Budi Hartono yang tidak lain adalah putra kedua pendiri perusahaan rokok Djarum, Oei Wie Gwan, juga amat menggemari olah raga tepok bulu itu. Maka, pada 1974, perkumpulan latihan badminton itu diresmikan dengan nama PB Djarum.

Pada perkembangannya, PB Djarum bernaung di bawah Djarum Foundation yang didirikan oleh Robert Budi Hartono dan kakaknya, Michael Bambang Hartono, yang diresmikan pada 30 April 1986. Seiring berjalannya waktu, PB Djarum terus melahirkan atlet-atlet berprestasi ang juga mengharumkan nama Indonesia.

Dipaparkan dalam website Djarum Foundation, PB Djarum merupakan lini olahraga yang merupakan satu dari lima bakti yang dinaungi Djarum Foundation selain di sektor sosial, lingkungan, pendidikan, dan budaya.